Pengikut

Jumat, 13 Januari 2012

Teknik Pertambangan UNSRI

Jurusan Teknik Pertambangan FT UNSRI berdiri pada tanggal 1 Oktober 1960 bersamaan dengan berdirinya Universitas Sriwijaya. Pada saat itu kegiatan perkuliahan dilakukan di kampus yang berada di Bukit Besar Palembang. Bersamaan dengan selesainya gedung Unsri yang baru maka pada tanggal 1 Februari 1995 secara resmi kegiatan perkuliahan dipindahkan ke Kampus Inderalaya.



V i s i : Terwujudnya pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dan berakhlak, serta menjadikan Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya sebagai pusat informasi dan konsultasi pertambangan dan energi yang terkemuka.

M i s i :

* Meningkatkan kualitas lulusan dan tenaga pengajar,

* Menjalin kerjasama di bidang penelitian, kursus singkat, pelatihan dan pembinaan dengan industri pertambangan dan perguruan tinggi lain serta instansi terkait,

* Menunjang peningkatan sumberdaya manusia dan perkembangan industri pertambangan dan energi,

* Meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian di bidang teknik pertambangan dan energi serta lingkungan yang inovatif,

* Berperan serta aktif merumuskan kebijakan pertambangan dan energi.

TUJUAN : Menghasilkan lulusan yang berkemampuan teknis tinggi dan berakhlak luhur, mengembangkan penelitian dalam rangka menjadikan Jurusan Teknik Pertambangan sebagai pusat informasi dan konsultasi bidang pertambangan dan energi dan pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan tridharma perguruan tinggi.

Prospek Lulusan :

Sarjana pertambangan memiliki peluang kerja yang sangat luas diantaranya ,

* Industri Pertambangan
o Batubara : PT. Tambang Batubara Bukit Asam, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Arutmin Indonesia, PT. Adaro, PT. Berau Coal, PT. Tanito Harum, PT. Allied Indo Coal, BHP, dll.
o Tembaga/Emas : PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, PT. Kelian Equatorial Mining, PT. Rio Tinto Indonesia, PT. Newmont Minahasa, PT. Newmont Nusa Tenggara.
o Nikel : PT. Aneka Tambang (Pomalaa), PT. INCO, dll.
o Timah : PT. Tambang Timah, PT. Koba Tin, dll.
o Pasir Besi : PT. Aneka Tambang (Cilacap), dll.
o Mineral Industri : Perusahaan-perusahaan yang meng-usahakan komoditas: kaolin, fosfat, granit, marmer, gipsum, lempung, feldspar, bentonit, kuarsa, batu kapur, zeolit, trass, barit, batu andesit, sirtu, pasir, belerang.
* Industri Lain
o Kontraktor/Alat Berat : PT. United Tractor, PT. Pamapersada Nusantara, PT. Trakindo Utama, PT. Cipta Kridatama, dll.
o Semen : PT. Semen Cibinong, PT. Semen Gresik, PT. Indocement, PT. Semen Padang, dll.
o Pertamina
o Perusahaan Pembangkit Listrik
* Jasa Umum/Konsultan
o Perbankan, Bursa Efek
o Konsultan Pertambangan
* Pemerintahan
o Birokrat
* Pengajar, Peneliti (LIPI, BPPT, P3TM, Litbang Industri, d ll.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar