Pengikut

Selasa, 10 Januari 2012

Pelumas Pertamina Merambah China

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) memasarkan produk pelumasnya di 26 provinsi di China. Hal ini bertujuan memperluas pangsa pasar pelumas Pertamina di mancanegara.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun, dalam siaran persnya sebagaimana dikutip, Selasa (10/1/2012), di Jakarta, Pertamina mulai Senin 9 Januari 2012 secara resmi memasuki pasar pelumas China.

Pertamina Fastron atau Pertamina SuTeLong (bahasa Mandarin) sebagai merek yang telah mendapatkan pengakuan kualitasnya dari beberapa produsen kendaraan terkemuka, seperti Mercedez Benz dan BMW, dipasarkan dalam kemasan 4 dan 5 liter.

Pemasaran Fastron di China memiliki beberapa varian, yaitu Fastron Gold 5W-30, Fastron Techno 15W-50 dan 10W-40 untuk kendaraan berbahan bakar bensin serta Fastron Diesel 15W-40 untuk kendaraan berbahan bakar solar.

”China merupakan negara ke-19 pemasaran pelumas Pertamina di luar negeri di mana pangsa pasar China 10 kali lebih besar dari pasar Indonesia,” ujarnya.

Menurut Harun, sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di dunia, pertumbuhan ekonomi China yang saat ini maju cukup pesat jadi peluang baik bagi Pertamina untuk dapat meraih target penjualan hingga 1 juta liter pada tahun pertama.

Dengan perkiraan pertumbuhan kendaraan 6-7 persen per tahun, diharapkan pada tahun 2015 bisnis pelumas Pertamina di China dapat mencapai hingga 5 juta liter per tahun. ”Dengan kualitas produk dan layanan yang kami tawarkan, kami cukup optimistis pasar China dapat menerima produk Pertamina,” ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan.

Pelumas Fastron Pertamina dibuat dari bahan baku base oil synthetic (Du Base Grade 4 dan 6) yang dikategorikan sebagai base oil grup 3 plus, yaitu base oil dengan keunggulan kinerja yang prima pada temperatur amat rendah.

Tambahan aditif yang digunakan juga disuplai dari perusahaan kelas dunia, seperti Infenium, sehingga menghasilkan pelumas kualitas tinggi dengan viskositas indeks improver dan antiwear (antiaus) serta antioksidan yang sangat bagus untuk mencegah terjadinya oksidasi yang berlebihan.

Dalam mendistribusikan pelumas dan melayani konsumen di China, Pertamina telah menunjuk country distributor, Tengyu Trading (Shanghai) Co.Ltd yang berbasis di Shanghai, China, untuk didistribusikan ke 26 provinsi di seluruh wilayah China.

Saat ini pelumas Pertamina menargetkan konsumen kelas atas (Top Tier) di China dengan melakukan berbagai kegiatan promosi mulai dari pameran-pameran otomotif, reli, dan touring serta kegiatan promo lainnya agar konsumen China dapat lebih mengenal produk pelumas Pertamina.

Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas yang telah 54 tahun menjalankan bisnisnya secara terintegrasi dari eksplorasi dan produksi, pengolahan hingga pemasaran produk, baik dalam negeri maupun ke luar negeri.

Sebagai market leader dengan 58 persen pangsa pasar pelumas di dalam negeri, Pertamina saat ini telah memasarkan pelumasnya ke berbagai negara, seperti Australia, Belgia, Pakistan, Uni Emirat Arab, Banglades, Myanmar, Singapura, Taiwan, dan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar